Wednesday, 21 June 2017

Sehat Sama Dengan Kaya

Sebuah refleksi diri oleh Wahyuddin MY

Sehat adalah harta yang tak ternilai harganya, lebih besar dari milyaran uang yang seseorang bisa miliki. Buktinya, jika sakit, dia tak akan bisa menikmati aneka makanan sedap yang telah disiapkan di atas meja oleh keluarganya. Jika sakit, dia tak bisa memakai mobil mewah yang terpakir di garasi rumah megahnya. Jika sakit, dia tak bisa bersenda gurau dengan keluarga dan teman-temannya.

Jangankan sakit keras, jari keseleo saja gak nyamannya luar biasa, apalagi jika sedang mengejar deadline tugas ribuan kata. Sakit gigi pun bisa bikin darah tinggi. Sakit leher karena salah tidur bisa bikin mengeluh seharian. Video di youtube pun susah ditonton kalau lagi sakit mata. Membaca pun menjadi tak lancar karena sakit tenggorokan. Dan sebagainya.
Sakit-sakit kecil seperti ini memang gampang terlupakan ketika sehat, tetapi baru terasa serius kalau sudah dialami. Misalnya, tersiksanya saat lagi beringus dan harus presentasi di dalam kelas. Ditahan sulit dibuang berisik.

Untuk mengembalikan kesehatan dan kebugaran, seseorang tak pikir panjang mengeluarkan uangnya. Anggaplah seseorang tidak terlalu kaya, tapi dia kebetulan punya uang puluhan juta rupiah. Ketika sedang sakit dan membutuhkan pengobatan dengan biaya sebanyak tabungannya, saya perkirakan dia akan menghabiskan tabungan tersebut demi mendapatkan kesembuhan.

Itu baru puluhan juta. Kenyataannya, banyak orang sakit yang berkorban harta lebih dari itu demi mendapatkan kesehatan. Dan kita tahu bahwa uang yang dikeluarkan itu tidak menjamin adanya kesembuhan. Seandainya ada jaminan, pasti enak, karena kita bisa ukur dan hitung-hitungan. Namun tidak jarang terjadi, sudah membayar banyak tapi sembuh tak kunjung datang. Jadi jangan heran jika banyak orang kaya tiba-tiba jatuh miskin setelah sakit.

Jadi, jika anda sehat, maka anda sangatlah kaya, yang nilainya tak bisa anda hitung.
Jagalah kekayaan itu!

Dan jika anda seorang muslim, ucapkanlah alhamdulillah sebanyak yang anda bisa. Lalu gunakan kesehatan itu untuk hal-hal yang produktif.

Tapi jika anda sedang sakit, semoga anda diberikan kesembuhan (amin).



Post a Comment