Saturday, 8 July 2017

Mendaftar Beasiswa S2 dulu atau Mencari LoA Dulu?

Downloaded from the University of Adelaide Facebook
Pada seminar online PPIA Adelaide University, ada peserta yang bertanya, ketika lulus S1, yang didahulukan apakah mencari beasiswa S2, atau mencari LoA dulu? Jawaban saya sebagai berikut:

Beasiswa dulu baru LoA atau LoA dulu baru beasiswa. Dua-duanya boleh dilakukan. Berikut hanya strategy yang bisa dipilih dari saya: 
  • Kalau Anda punya sertifikat IELTS/TOEFL yang disyaratkan beasiswa, maka daftarlah beasiswa tersebut. Kalau beasiswanya lolos, baru cari LoA dari kampus idaman Anda. Biasanya kampus gampang menerima kalau pendaftar punya sponsor (tentu saja jika syarat kampus sudah terpenuhi, misalnya IELTS dan IPK)
  • Kalau nilai Bahasa Inggris Anda belum memenuhi syarat beasiswa, maka sambil belajar Bahasa Inggris, kamu bisa mendaftar kampus. Bisa melalui agen pendidikan luar negeri, bisa juga daftar sendiri. Biasanya, kita bisa mendaftar universitas meskipun belum mempunyai sertifikat kecakapan bebahasa Inggris. Kalau diterima, maka akan diberikan LoA conditional (bersyarat). LoA jenis ini maksudnya, Anda akan sepenuhnya diterima setelah melampirkan sertifikat Bahasa Inggris, seperti IELTS. Nah setelah dapat LoA conditional, barulah cari beasiswa. 
  • Kalau mempunya sertifikat Bahasa Inggris yang memenuhi syarat beasiswa dan universitas, ini lebih enak lagi. Daftar aja kampus dan beasiswa bersamaan, terserah yang mana lolos duluan.
Post a Comment